Tuesday, June 11, 2013

Bagaimana kondisi lingkungan hidup manusia dibumi saat ini? Kualitas lingkungan hidup manusia secara fisik saat ini sesungguhnya sangatlah memprihatinkan. Berbagai bentuk bencana alam melanda silih berganti. Banjir di musim hujan, longsor, hilangnya lapisan olah tanah (top soil), kekeringan yang sangat serius dimusim kemarau, polusi (baik udara, air, tanah, maupun suara)terutama di kota kota besar, menipisnya kawasan hutan hujan tropis, peningkatan suhu global, menipisnya lapisan ozon, meluasnya lahan kritis, turunnya muka air tanah, dan masalah sampah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.
Menurunnya kualitas lingkungan hidup dipengaruhi oleh jumlah penduduk yang semakin besar dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diiringi dengan pertumbuhan industri besar – besaran. Sumber masalah besar di perkotaan dan perlu ditangani segera agar pelestarian lingkungan hidup lebih baik lagi adalah akibat dari semakin besarnya jumlah penduduk. Semakin besar jumlah penduduk, maka semakin besar pula tuntutan pemenuhan keperluan hidup seperti pangan, sandang, papan, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, penyediaan lapangan kerja, dan keamanan.
Kualitas lingkungan hidup di perkotaan saat ini sesungguhnya sudah mendekati titik kritis. Krisis yang terjadi saat ini pada intinya dikarenakan dua kekuatan besar yang saling mendukungdan saling memperkuat, yaitu:
Untuk itu, agar keluar dari krisis yang mengancam sistem kehidupan di planet bumi ini, pertumbuhan penduduk harus diatur. Selain itu, sikap manusia yang cenderung tidak bertanggung jawab dalam mengeksploitasi dan mendominasi alam bagi kenikamatan dan kemudahan hidup kita perlu diubah.
Bagaimana pemanfaatan lingkungan hidup yang baik agar bisa di nikmati terus – menerus hingga ke generasi yang akan datang? Beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu sebagai beriku:
Maka dari itu di perlukan usaha pelestarian lingkungan hidup diperkotaan, usaha pelestarian lingkungan hidup yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
Segala bentuk kegiatan pembangunan bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan manusia. Pembangunan selain berdampak positif, juga sering menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan hidup. Penyusutan dan kepunahan sumber daya alam, serta bencana dan kerusakan lingkungan adalah dampak negatif dari pembangunan.
Untuk mencegah kersakan dan degradasi lingkungan perlu usaha-usaha pengelolaan lingkungan sehingga sumber daya yang tersedia dilingkungan dapat di manfaatkan untuk pembangunan dengan sebaik-baiknya. Pengelolaan lingkungan berkaitan dengan pengelolaan bencana dan kerusakan lingkungan yang terjadi dalam proses pembangunan. Pegelolaan lingkungan tidak hanya berkaitan dengan teknis mengatasi kerusakan lingkungan, tetapi juga usaha-usaha pemanfaatan sumber daya alam secara efisien dan penghematan sumber daya alam di kota yang tidak dapat diperbarui.
Maka dari itu pelestarian lingkungan hidup diperkitaan sangat penting untuk melindungi lingkungan hidup dan sumber daya alamnya. Pelestarian lingkungan hidup mengacu pada pemanfaatan sumber daya alam secara hati-hati dan bijaksana. Hal ini penting megingat sumber daya alam yang terdapat di lingkungan terbatas jumlahnya dan generasi mendatang juga sangat membutuhkannya. Pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana menjadi keharusan kita agar sumber daya alam berdaya guna, tanpa merusak lingkungan, dan menghasilkan limbah seminimal mungkin di perkotaan
Segala bentuk kegiatan pembangunan bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan manusia. Pembangunan di perkotaan selain berdampak positif, juga sering menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan hidup. Penyusutan dan kepunahan sumbr daya alam, serta bencana dan kerusakan lingkungan adalah dampak negati dari pembangunan di perkitaan tersebut.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment